Beranda » Artikel Terbaru » Sejarah Kota Jepara

Sejarah Kota Jepara

Diposting pada 17 September 2019 oleh elit | Dilihat: 89 kali

Sejarah Kota Jepara Dan Asal Usul Kota Jepara

Selamat datang di Furniture Elit indonesia sebuah perusahaan mebel asli jepara sedikit kami akan mengulas mengenai kota kami yaitu sejarah kota jepara.

banyak masyarakat belum mengetahui asal usul kota jepara, walaupun adalah dia adalah masyarakat asli atau daerah sekitar jepara. kami akan menguraikannya secara terperinci agar warga lokal dan daerah sekitar juga lebih mengetahui sejarah masa lampau.

Asal Usul Nama Kota Jepara

sejarah atau bisa dikatakan asal usul nama jepara berawal dari pertemuan dua kata, yaitu ujung para, ujung mara dan jumpara yang kemudian menjadi satu kata ” Jepara “. yang mempunyai arti sebagai tempat bermukimnya para pedagang yang menjalankan aktivitas perniagaan ke berbagai daerah-daerah. dalam buku sejarah dinasti tang 618-906 M di katakan bahwa, pada tahun 674 M ada seorang musafir dari tionghoa ( l-Tsing ) suatu kali mengunjungi negeri holing atau kerajaan kalingga atau disebut juga jawa ( Japa ) yang di yakininya berada didesa keling, sebuah kawasan timur jepara serta di pimpin oleh seorang raja wanita bernama ratu shima.

pada abad ke XV ( 1470 M ), jepara baru di kenal sebagai bandar perdagangan kecil oleh para pedagang. perdangangan jepara semakin berkembang baik semenjak dipimpin langsung oleh Aryo Timur dibawah pemerintahan demak bintoro. kemudian pada tahun 1507-1521, aryo timur digantikan oleh pati unus beliau adalah anak kandung dari aryo timur untuk meneruskan perjuangannya

pati unus tidak kalah dengan ayahnya yaitu aryo timur dalam mengembangkan bandar perdagangan yang ada di jepara. pati unus juga di kenal sebagai seorang yang sangat gigih dalam mengemban amanat dari pemerintahan demak. hal itu, dia perlihatkan saat melawan penjajahan portugis di malaka yang di sebut sebagai mata rantai perdagangan dinusantara.

setelah pati unus wafat, tahta langsung diserahkan pada ipar faletehan / fatahilah pada tahun 1521-1536. sultan trenggono yang menggantikan fatahillah, jepara diberikan kepada anak serta menantunya yaitu ratu retno kencono dan pangeran sultan hadirin untuk menaungi kawasan Jepara. namun setelah sultan trenggono tewas pada tahun 1546 dalam ekspedisi militer panarukan jawa timur, terjadi geger kekuasaan dilingkup kerajaan demak dan berakhir dengan tewasnya pangeran sultan hadirin ditangan aryo penangsang pada tahun 1549.

kesedihan mendalam dialami oleh ratu retno kencono ketika melihat orang-orang yang dikasihi telah tiada, akhirnya ratu kencono memutuskan diri untuk keluar dari istana dan bertapa dibukit donorojo. setelah itu terjadi pertumpahan darah yang mengakibatkan aryo penangsang terbunuh oleh sutowijoyo, kemudian ratu retno kencono dirajuk untuk turun dari pertapaannya di donorojo keling yang kemudian dilantik menjadi penguasa jepara yang bergelar nama Nimas Ratu Kalinyamat.

Simbol Kabupaten Jepara

Berikut adalah sedikit cerita tentang sejarah kota jepara dan asal usul kota jepara. terimakasih sudah mampir ditoko Furniture Online kami dan jangan lupa hubungi kami untuk order Mebel Asli Jepara di tempat kami.

Bagikan informasi tentang Sejarah Kota Jepara kepada teman atau kerabat Anda.

Sejarah Kota Jepara | FURNITURE ELITE

Komentar dinonaktifkan: Sejarah Kota Jepara

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Bedroom Set Anak Minimalis

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Bedroom Set Anak Minimalis *Hubungi Kami
/ FE-133
*Hubungi Kami
/ FE-133
Kitchen Set Mewah Elit, Kitchen Set Jati, Kitchen Set Ukir Jati, Kitchen Set Murah, Kitchen Set Jepara, Furniture Kitchen Set

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kitchen Set Mewah Elit *Hubungi Kami
/ FE-008
Kursi Sofa Tamu Modern

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Kursi Sofa Tamu Modern *Hubungi Kami
/ FE-087
*Hubungi Kami
/ FE-087
SIDEBAR